Senin, 21 April 2014

Cara Agar Anda Bisa Mengendalikan Emosi

Cara Agar Anda Bisa Mengendalikan Emosi - Jika kita sering mengalami emosi yang sangat luarbiasa, itu tidak baik bagi kesehatan kita atau bagi lingkungan kita yang kena imbas. Oleh karena itu anda harus pandai bagaimana mengendalikan emosi anda agar tidak meledak-ledak. Efek emosi juga bisa membuat anda banyak pikiran lantas akan menjadi penyakit jika mempunyai banyak pikiran.



Oleh karena itu berikut lah Cara-cara yang bisa anda coba untuk mengendalikan emosi agar emosi dapat terkontrol dengan semestinya :

Ambil napas dalam-dalam
Sebelum anda melontarkan emosi anda, Lebih baik anda cepat-cepat ambil napas anda dalam-dalam. Karena dengan anda mengambil napas,anda akan merasa sedikit lebih tenang dalam mengontrol emosi anda sendiri.

Pikirkan dulu sebelum berkata
Disaat emosi tingkat tinggi, sangat mudah buat anda berkata yang tidak baik untuk di dengar oleh orang lain jelas itu akan merugikan anda sendiri nantinya. Tolong pikirlah dulu sebelum berkata-kata yang tidak enak didengar tersebut. Jika perlu, sampaikan kepada orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda sedang marah dan butuh waktu untuk berpikir sejenak sebelum mengambil keputusan.

Selipkan humor
Jika anda mempunyai selera humor, Selipkanlah humor di tiap tingkah anda, agar anda dapat mengontrol emosi anda sendiri, karena dengan anda berhumor ria anda tidar sadar bahwa anda sedang menahan emosi kepada seseorang.

Ungkapkan emosi dibuku
Lebih baik ungkapkan emosi anda terhadap seseorang melalui catat dibuku, karena lebih baik daripada langsung berbicara kepada seseorang yang anda benci. Karena dicatat dibuku hanya emosi sesaat dan tidak berdampak negatif kedepannya

Mendengar musik
Jika anda suka dengan musik, Rilekskan pikiran anda dengan musik, dengan lah musik yang anda gemari agar bisa membuat pikiran anda tenang

Ekspresikan dengan berolahraga
Melakukan aktivitas fisik saat amarah Anda memuncak juga baik untuk mengendalikannya. Lakukan olahraga seperti lari, sandsack boxing, atau bodyweight training untuk meredakan emosi Anda. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia otak yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai.

Tidur
Tidur bisa membantu Anda mendapatkan suasana hati yang lebih santai. Selain itu, tidur dapat memulihkan tubuh dan meredakan ketegangan. Orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah marah daripada orang yang cukup tidur. Jika Anda merasa sulit tidur, coba untuk mendengarkan alunan musik instrumental, atau mandi dengan air hangat.

Jangan menyimpan dendam
Memaafkan adalah kunci utama agar anda dapat mengendalikan emosi, oleh karena itu maafkan lah seseorang yang pernah menyakiti anda dengan berbagai alasan.Karena itu baik untuk hubungan anda dengan seseorang dan baik untuk pikiran anda sendiri agar tidak terbebani oleh pikiran-pikiran dengki.

Nah,Itu tadi cara untuk mengendalikan Emosi. Semoga anda yang sedang mencoba Tips ini bisa lekas dapat mengendalikan emosi dan lebih sabar dalam menghadapi seseorang yang menjengkelkan

Tidak ada komentar :