Selasa, 20 Maret 2012

5 Konsep Mobil Tahun 2012

Penggemar otomotif pasti selalu menanti dan memburu berita tentang desain kendaraan yang akan diluncurkan oleh para produsen kendaraan. Konsep kendaraan terbaru maupun klasik selalu menjadi pembicaraan menarik di dalam komunitas otomotif. Agar Anda tidak ketinggalan informasi mengenai konsep mobil terbaru, berikut uniknya.com merangkum konsep mobil yang akan diterapkan kepada produk-produk buatan perusahaan-perusahaan besar ternama pembuat mobil di tahun 2012.

1.    KIA GT



KIA GT (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Produsen kendaraan KIA baru saja menciptakan kendaraan pertamanya yang memiliki sistem roda belakang, seperti yang diterapkan pada KIA GT baru ini, yang diperkenalkan di acara pameran Frankfurt Auto Show tahun 2011. KIA GT ini memiliki mesin V6 yang dilengkapi turbo berkapasitas 3,3 liter dengan injeksi langsung dan bertenaga 390hp dan 394 lb-ft, lebih baik dibanding konsep Jaguar. Sedan ini pun memiliki transmisi otomatis delapan kecepatan dan bodinya telah dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti grand coupe (sedan mewah berpintu dua), tidak seperti sedan biasanya. Penumpang dan supir dapat masuk ke dalam kendaraan tersebut dengan mudah berkat pintu berkebalikan (suicidal doors).
Mobil KIA GT ini memiliki tampilan dengan karakter sporty yang kuat, walaupun demikian sisi elegan dari mobil sedan ini sendiri tetap terpancar dengan desain ciamik yang disodorkan. Disertai dengan lampu depan dengan sudut lancip mengisyaratkan keagresifan, sehingga menambah kesan elegan tersebut lebih berani.

2.    Lexus LF-LC



Lexus LF-LC (sumber: blogspot.com)




Kini banyak sekali konsep mobil yang tidak hanya menawarkan konsep, namun juga menjadi pionir model untuk produksi masa depan. Lexus LF-LC adalah salah satunya dan sedan berparas futuristik ini memiliki tampilan yang dapat membuat para pecinta Lexus semakin jatuh cinta pada merk sedan sport coupe ini. Ketika berbicara tentang prinsip kaca dan desain, mobil dengan desain sudut tajam dan agresif ini memiliki perkembangan arsitektur yang paling revolusioner. Grill depan mobil juga dibuat melebar sehingga memunculkan efek 3D. Interiornya menawan dengan menggabungkan dashboard berkelir hitam dan kursi berwarna putih dengan sentuhan ornamen kayu pada trim. Terpasang layar sentuh LCD 12,3 inci plus navigasi.
Belum ada keterangan perihal spesifikasi kecuali penempatan mesin akan di depan dipadu Advanced Lexus Hybrid Drive berpenggerak roda belakang. Spekulasi yang berkembang akan menggunakan mesin 5.0-liter V8 bertenaga 500 hp.

3.    Scion FR-S



Scion FR-S (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Scion FR-S adalah hasil kerjasama antara Toyota dan Subaru dalam menciptakan kendaraan sport dengan penggerak roda belakang, sekaligus menggabungkan mesin depan, seperti yang diterapkan pada FR-S ini. Sedan ini juga terinspirasi dari Corolla AE-86 klasik yang terkenal karena ringan, kuat, dan seimbang.
Jika Corolla lawas itu menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, namun FR-S bermodalkan mesin 2.000 cc plus peningkat tenaga spontan (turbo) sehingga tenaga maksimumnya meningkat dari 200 hp menjadi 600 hp, dan torsi dari semula 151 lb-ft kini menjadi 500 lb-ft.
FR-S sendiri merupakan singkatan dari Front (depan) dimana mesin ditempatkan, Rear (belakang) yang berarti berpenggerak roda belakang, dan Sport (olah raga) mencirikan sedan sporty.

4.      Toyota NS4



Toyota NS4 (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Toyota NS4 yang disebut kendaraan hibrid ‘vision of the future’ tidak hanya sekedar mobil hijau di masa mendatang tapi juga mobil ramah lingkungan yang menguatamakan keselamatan dan konektivitas di era modern. Hadir dengan paras yang futuristik dan aerodinamis, pilar A dari sedan ini didesain tipis untuk meningkatkan visibilitas pengemudi. Dilengkapi juga fitur Human-Machine Interface (HMI) dengan layar sentuh pengoperasiannya seperti smartphone. Untuk keamanan, terpasang generasi terbaru  Pre-Collision System (PCS) berfungsi memprediksi kecelakaan bahkan bisa menghindar dari kecelakaan. PCS menggunakan gelombang radar milimeter dan kamera stereo yang terpasang di bagian depan untuk mendeteksi adanya pejalan kaki dan kendaraan lainnya. Terpasang pula Adaptive Driving Beam (ADB) untuk membantu pencahayaan lampu yang lebih baik dengan mengurangi silau cahaya kepada pengemudi lawan.Terdapat Blind Spot Monitoring (BSM), dirancang untuk mendeteksi kendaraan di jalur yang berdekatan. Wow!

5.      Mazda Shinari



Mazda Shinari (sumber: blogspot.com,uniknya.com)




Bahasa desain terbaru dari Mazda Shinari tersebut bisa disebut ‘Kodo’ dalam bahasa Jepang, yang bisa diartikan sebagai pergerakan jiwa. Desain ini sekaligus untuk menggantikan desain Nagare. Mazda Shinari merupakan mobil empat tempat duduk berjenis coupe, dengan kunci desainnya terletak pada grill depannya yang masih tetap menganut konsep wajah tersenyum khas Nagare. Selain itu, detil lainnya terletak pada lampu utamanya yang ramping, juga lubang aliran udara di samping bawah bemper depan yang seperti Aston Martin Esque. (**)

Sumber: berbagai sumber, uniknya.com, Maret 2012

Tidak ada komentar :